The Cascajal Block - Pahatan Huruf Kuno Misterius Bangsa Olmec

Diposting oleh BagasWinardo on Minggu, 14 Oktober 2012

Daratan Amerika tengah dan selatan memang menyimpan peninggalan sejarah menakjubkan dari peradaban kuno, dari peradaban olmec ditemukan sebuah artifak yang berisi huruf yang belum dapat dipecahkan hingga sekarang yang diberi nama cascajal block 

 

 The Cascajal block adalah sebuah tablet berukuran 36x21x13 cm yang terbuat dari batuan serpentite, sejenis keramik. Yang ditemukan di meksiko yang di yakini berasal dari peradaban olmec. Cascajal block ditemukan pada akhir 1990 saat pembangunan jalan raya di desa Iomas de tacamichapa, veracruz. Yang diketahui juga sebagai salah satu pusat peradaban olmec di masa lampau. Dari perhitungan umurnya diperkirakan berasal dari 900SM, tetapi huruf olmec yang ditemukan paling tua berasal dari 500SM. 

 

artifak ini berisikan 62 karakter dengan beberapa gambar tanaman dan binatang. Tetapi banyak juga yang berupa symbol kotak atau bulatan. Karakter yang ada di dalam cascajal block dirasakan tidak mirip dengan huruf huruf mesoamerica lainnya seperti maya dan isthmian. Huruf hurufnya juga di tulis secara horizontal. Berbeda dengan penulisan huruf mesoamerica lain yang biasa ditulis secara vertikal.

Mengenain ke-otentik-an dari artifak ini masih menjadi perdebatan di kalangan para arkeolog. Beberapa arkeolog besar seperti stephen d. Houston dan Karl Tube dari universitas California meyakini cascajal block adalah benar benar sebuah artifak masa lampau. Mereka mengatakan orang orang dapat meragukan karena mereka belum pernah menemukan cara penulisan dan karakter yang mirip seperti ini sebelumnya.


lalu bagaimana dengan para skeptis?

batu ini pertama kali dibahas dalam sebuah jurnal ilmiah pada 2006 oleh arkeolog Carmen rodriguez dan panciano ortiz. Tetapi banyak kalangan yang mengkritisi tindakan mereka berdua yang dirasa janggal, karena mereka berdua langsung mengambil dan menelitinya tanpa melihat dan meneliti pecahan keramik lain dan situs disekitar tempat itu untuk mendapatkan petunjuk yang lainnya dan sekarang tempat penemuan itu telah rusak dan berubah dari aslinya akibat pengerjaan jalan raya.  

 

Setahun setelahnya pada 9 maret 2007, beberapa arkeolog yang skeptis seperti menulis sebuah artikel yang berisi meragukan kebenaran klaim cascajal block.

5 poin yang menjadi sorotan utama adalah:


a. Cascajal block ditemukan dari bekas pekerjaan bulldozer, pecahan dan goresan yang terjadi membuatnya tidak bisa ditentukan umurnya dengan pasti.


b. Selama ini tidak pernah ada artifak atau relief lain dari bangsa olmec yang berisi gambar. Hanya ada tulisan.


c. Penulisan alpabet mesoamerica lain adalah dengan cara vertikal atau bergaris. Tetapi jika dilihat lebih detail karakter dalam cascajal block dibuat tidak dalam pola yang tertentu alias acak.


d. Jika dilihat lagi cascajal block hanya terlihat seperti menggambar motif hewan, tumbuhan dan beberapa bentuk abstrak, bukan seperti menulis sebuah relief dan tidak pernah ditemukan karakter serupa dimanapun.


e. Perbandingan dengan huruf kuno lainnya juga tidak ada yang cocok atau mendekati. Karena dengan banyak kejanggalannya itulah banyak para ahli yang meragukan kebenarannya dan menyatakannya sebagai hoax

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar